0 item in the bag

No products in the cart.

Diskon besar di banyak kategori produk.

Cetak Kartu Parkir

Cetak Kartu Parkir

Kartu Parkir merupakan bukti bahawa anda adalah pemilik dari mobil atau motor dan telah menyewa area parkir tertentu. Sekarang ini kebanyakan kartu parkir sudah menuggunakan barcode untuk mempercepat identifikasi. Barcode akan dibaca oleh barcode scaner pada waktu pemilik kendaraan bermotor akan keluar dari area parkir

Manfaat kartu parkir :

  • Mempermudah proses parkir
  • Penjaga parkir dapat mengetahui orang-orang yang telah menjadi member ditempat itu
  • Terkadang mendapatkan diskon dengan tidak membayar parkir

 

Sistem parkir yang berlaku saat ini masih bersifat manual dengan menggunakan kartu parkir sebagai bukti parkir kendaraan dan pembayaran biaya parkir kendaraan dilakukan secara tunai. Sistem komputerisasi parkir sudah banyak berkembang namun sistem parkir yang digunakan, namun pada saat ini sebagian besar masih belum menggunakan otomatisasi input id kendaraan dan otomatisasi pembiayaan.Dalam penelitian ini digunakan teknologi RFID untuk diterapkan dalam sistem parkir terkomputerisasi sehingga memudahkan dalam hal pengenalan kendaraan dan otomatisasi pembiayaan parkir. Dalam sistem ini akan diterapkan sistem isi ulang untuk pengisian dana untuk pembiayaan parkir.

 

Pada umumnya sistem pengoperasian parkir ada 2 macam :

  1. Sistem pengoperasian manual, Pada sistem pengoperasian jenis ini pada dasarnya semua proses dilakukan secara manual, termasuk penulisan nomor pelat kendaraan, pembayaran dan pemberian karcis. Biaya parkir pada sistem ini biasanya tidak tergantung pada waktu lama nya parkir.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Sistem pengoperasian terkomputerisasi, Pada sistem pengoperasian sistem ini walaupun beberapa proses sudah terkomputerisasi namun masih ada proses manual seperti : input pelat nomor kendaraan, pembayaran parkir manual dengan uang tunai.

 

 

 

terkomputerisasi dengan otomatisasi pembiayaan dengan menggunakan teknologi RFID meliputi:

  1. Sistem pendaftaran id kendaraan dan pemilik
  2. Identifikasi kendaraan otomatis
  3. Pembiayaan otomatis biaya parkir Selain ketiga komponen di atas adanya komponen yang lain yaitu komponen transaksi, termasuk di dalam nya perhitungan biaya parkir berdasarkan waktu, laporan jumlah kendaraan, laporan keuangan, serta login user.

Teknologi yang digunakan dalam sistem ini antara lain :

  1. Tag RFID Tipe tag yang dipakai dalam sistem ini adalah tipe tag pasif, yaitu catu dayanya diperoleh dari RFID reader
  2. Reader/writer Merupakan alat yang digunakan untuk membaca tag ataupun menuliskan data ke dalam tag tersebut Komponen sistem pendaftaran id kendaraan merupakan permulaan dari sistem ini dijalankan.

Proses pendaftaran sebagai berikut.

  1. Calon pelanggan ke loket pendaftaran dengan membawa dokumen yang diperlukan yaitu fotocopy salah satu identitas diri yang masih berlaku seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM) ataupun Passport serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  2. Calon pelanggan mengisi formulir yang disediakan sesuai dengan identitas yang ada dan sesuai dengan STNK, selain itu juga diisi dengan jumlah saldo yang diinginkan untuk diisi dalam tag. 3. Calon pelanggan membayarkan sejumlah uang

Pada dasarnya komponen sistem parkirterkomputerisasi dengan otomatisasi pembiayaan dengan menggunakan teknologi RFID meliputi:

  1. Sistem pendaftaran id kendaraan dan pemilik
  2. Identifikasi kendaraan otomatis
  3. Pembiayaan otomatis biaya parkir Selain ketiga komponen di atas adanya komponen yang lain yaitu komponen transaksi, termasuk di dalam nya perhitungan biaya parkir berdasarkan waktu, laporan jumlah kendaraan, laporan keuangan, serta login user. Teknologi yang digunakan dalam sistem ini antara lain :
  4. Tag RFID Tipe tag yang dipakai dalam sistem ini adalah tipe tag pasif, yaitu catu dayanya diperoleh dari RFID reader 2. Reader/writer Merupakan alat yang digunakan untuk membaca tag ataupun menuliskan data ke dalam tag tersebut Komponen sistem pendaftaran id kendaraan merupakan permulaan dari sistem ini dijalankan. Proses pendaftaran sebagai berikut.
  5. Calon pelanggan ke loket pendaftaran dengan membawa dokumen yang diperlukan yaitu fotocopy salah satu identitas diri yang masih berlaku seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM) ataupun Passport serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). 2. Calon pelanggan mengisi formulir yang disediakan sesuai dengan identitas yang ada dan sesuai dengan STNK, selain itu juga diisi dengan jumlah saldo yang diinginkan untuk diisi dalam tag. 3. Calon pelanggan membayarkan sejumlah uang