0 item in the bag

No products in the cart.

Diskon besar di banyak kategori produk.

Artikel ID Card

ARTIKEL ID CARD

 

Membuat ID Card untuk usaha ataupun untuk penyelenggaraan event tertentu merupakan satu hal penting dilakukan,selain sebagai tanda pengenal ID Card juga memiliki banyak manfaat khususnya untuk membangun citra perusahaan ataupun organisasi.

ID card banyak dipakai oleh karyawan perusahaan,instansi pemerintah,sekolah,organisasi,komunitas,dan lain sebagainya.Hingga saat ini,ID Card hampir sudah menjadi bagian dari kebutuhan perusahaan,tidak hanya perusahaan besar,tapi juga perusahaan kecil yang menginginkan usahanya dapat berkembang dengan terus maju.

 

Bentuk ID Card

Secara umum ID Card memiliki bentuk persegi panjang,bisa dibuat secara vertikal  maupin horizontal dengan beragam desain sesuai kebutuhan perusahaan atau organisasi.

Bahan untuk membuatnya pun bisa beragam,mulai dari bahan mika,plastik,logam,kertas,atau bahan sintetis lainnya

 

ID Card Pelajar Murah

contoh membuat ID card

Dari masing-masing bahan untuk membuat ID Card, biasanya juga memiliki fungsi yang berbeda. Untuk kebutuhan jangka panjang (identitas karyawan perusahaan maupun instansi), membuat ID Card bisa dengan menggunakan bahan yang tahan lama seperti dari mika, PVC maupun plastik. Sedangkan untuk kebutuhan jangka pendek dalam membuat ID Card biasanya hanya menggunakan kertas biasa dan sering digunakan oleh panitia penyelenggaraan acara yang bersifat eventual, seperti konser musik, acara seminar, festival dan lain sebagainya.

 

 

Manfaat membuat ID Card

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika perusahaan ataupun organisasi membuat ID Card.Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah:

1.ID Card sebagai alat pengenal

Bagi perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak, dengan membuat ID Card tentu akan mempermudah seseorang mengenal orang lain dalam satu perusahaan.Dengan tanda pengenal inilah masing-masing orang akan dipermudah saat  berintraksi dan memanggilnya sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas.

Selain berfungsi sebagain pengenal di internal perusahaan,peran ID Card juga penting untuk berinteraksi dengan orang luar perusahaan ,terutama mereka yang sering berhubungan dengan para konsumen ataupun calon konsumen.Dengan menggunakan ID Card semua orang yang bertemu akan dengan mudah mengenali orang tersebut,baik nama maupun jabatan.

Tak hanya perusahaan maupun organisasi, ID Card juga bisa dan sering digunakan oleh kelompok maupun komunitas yang sedang menggelar acara. Dalam kepanitiaan acara .ID Card bisa sebagai tanda pengenal dan memudahkan orang lain untuk mencari panitia penyelenggara.

2.Menumbuhkan Kepercayaan

Kepercayaan dan rasa nyaman di perusahaan dapat terbantu dengan adanya ID Card.Baik secara internal  maupun eksternal. Secara internal apabila semua karyawan ataupun pegawai memakai ID Card beserta seragam yang telah ditentukan perusahaan, maka suasana kerja akan lebih nyaman dan rapi. Bagi tamu ataupun pelanggan yang datang ke perusahaan ,kesan pertama yang muncul adalah perusahaan ini adalah profesional.

Citra positif  dan kepercayaan dari orang lain juga akan mampu diciptakan ketika karyawan berada diluar kantor. Meski terkesan formal,namun akan memberi dampak positif pada orang yang pertama kali bertemu. Kepercayaan dapat di mulai dibangun dengan sebuah identitas yang jelas, dengan kejelasan identitas ini berdampak pada klien yang akan memiliki keyakinan dan bersedia mempercayakan semua yang mereka butuhkan pada perusahaan.

ID Card memang penting bagi perusahaan dalam kaitannya dengan pencitraan positif pada para klien , dengan image positif inilah yang akan membuka peluang besar untuk menjadikan para klien sebagai pelangaan setia perusahaan

 

 

3.Untuk penerapan access control perusahaan

Bagi beberapa perusahaan yang menerapkan kebijakan tentang wilayah privat,ada beberapa kawasan tertentu yang memang tidak bisa diakses oleh publik. Dengan menggunakan ID Card ini perusahaan dapat membuat peraturan bahwasanya yang bisa masuk dalam area terlarang itu hanya khusus untuk siapapun yang memakai ID Card,tak terkecuali bagi para tamu yang akan diberi ID Card khusus bagi tamu

Access control yang diberlakukan perusahaan memiliki banyak kegunaan, selain bisa menjaga rahasia perusahaan,dengan diberlakukannya aturan ini maka dari segi keamanan pun dapat dapat teratur dan terkendali dengan baik.  ID Card secara langsung bisa membedakan secara tegas antara karyawan dan ID Card sebagai sarana branding.

Sebagai alat yang berguna untuk menunjukkan identitas, ID Card tidak hanya berfungsi untuk menunjukkan identitas pemakainnya saja, namun juga identitas perusahaan ia bisa dijadikan sebagai alat promosi apabila karyawan berkunjung ke perusahaan lain. Dengan adanya kartu ID ini perusahaan dapat mengaplikasikan branding perusahaan yang dibangun dengan perusahaan lain akan dengan mudah mengenal perusahaan kita.

Sebagai sarana branding, dalam membuat ID Card pihak perusahaan dapat menyelaraskan bentuk visualnya dengan bentuk visual elemen branding lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan penyematan logo pada id card,pemberian warna yang sama dengan warna-warna yang dipilih sebagai karakter perusahaan,dan lain sebagainya.

4.ID card sebagai absensi

Diera teknologi yang semakin canggih saat ini ID Card bisa digunakan untuk banyak hal,salah satunya adalah untuk absensi karyawan. Ada banyak jenis kartu yang bisa digunakan,mulai dari kartu magnetik,barcode proximity (Mifare) yang dapat diinput data,bahkan kartu tersebut dapat digunakan sebagai kunci pintu untuk mengakses ke ruang kerjanya.

Dari sekian banyak fungsi yang bisa disebutkan diatas,dalam membuat ID Card bisa  disesuaikan dengan anggaran yang ada, karena ada banyak sekali jenis ID Card yang tentu juga memiliki kualitas yang berbeda.

ID Card atau identity card dalam bahasa indonesia artinya adalah kartu pengenal. Sesuai namanya,ID Card berfungsi sebagai alat untuk memperkenalkan diri. Id card memiliki berbagai macam bentuk,spesifikasi dan kegunaan ID Card itu sendiri seperti

Kartu biasa

Kartu jenis ini biasa digunakan sebagai kartu pengenal pribadi atau jabatan dalam sebuah perusahaan. Contoh kartu pengenal jenis ini adalah KTP.

Contoh Kartu Biasa

Id Card Murah/Member Card Murah

Kartu magnetic

Kartu magnetic adalah stripe adalah jenis kartu id card yang mampu menyimpan data dengan memodifikasi magnet yang kecil bebasis besi partikel magnetik pada pita bahan kartu magnetik. Garis magnetik , sering disebut juga magnetik, kartu gesek atau magstripe,ia dapat dibaca ketika ada kontak fisik dan menggesekkannya melewati mesin pembaca atau card reader. Proses melampirkan magnetic stripe pada kartu plastik seperti id card,member card, dan kartu id lainnya.

Magnetic Stripe

Bahan magnetic yang digunakan sebagai area hitam pada permukaan kartu yang digunakan untuk meng-encode informasi dan data pada id card. ada dua tipe magnetic stripe yaitu HiCo (high coercivity) dan LoCo (low coercivity)

Magnetic LoCo

Atau Low coercivity adalah nilai koefisiensi yang rendah dari suatu media magnetic yaitu antara 250 – 600 Oe (ISO 7811-2). Warna stripe adalah coklat

Magnetic HiCo

Atau high coercivity adalah nilai koefisiensi yang tinggi dari suatu media magnetic yaitu antara 2500 – 4000 Oe (ISO 7811-6). Warna stripe adalah hitam

Encode

Yaitu proses “penulisan” informasi atau data secara elektronis pada magnetic stripe atau chip smart card. Encoding dikerjakan oleh modul encoding pada id card printer atau id card wrinter dimana modul ini adalah modul tambahan /oprasional. Melalui software tertentu,informasi yang “ditanamkan” ditransfer melalui modul ini.

Coercivity

Koefisien dari magnetic stripe yang menunjukkan sejumlah gaya yang diperlukan sebelum jenuhnya (saturasi) magnet dan diukur dalam satuan Oersted (Oe). Ada dua koefisien magnetic stripe yang umum dipakai yaitu hico (high coercivity) dan loco (low coercivity)

Contoh Kartu Magnetic

Member Card Murah

Kartu proximity

Kartu Proximity adalah smart card yang dapat dibaca tanpa memasukkan kedalam perangkat pembaca, seperti yang dipersyaratkan oleh generasi sebelumnya seperti kartu strip magnetik yang terdapat dalam kartu kredit. Untuk menggunakannya,kartu proximty hanya mendekatkan saja ke sebuah pembaca elektronik (reader) sejenak. Kartu Proximity dapat menyimpan data lebih dari satu kartu strip magnetik, misalnya saldo dana elektronik ,dan sebagainya dapat digunakan untuk pembayaran contactless sistem.

Jenis kartu Proximty menurut sifatnya.

Kartu pasif

Kartu pasif, jenis yang lebih banyak digunakan dan didukung oleh frekuensi radio sinyal dari perangkat pembaca reader yang terbatas dan harus dipegang dekat dengan unit pembaca.dapat digunakan sebagai kartu kunci untuk kontrol akses pintu digedung-gedung perpustakaan ,pembayaran contactless sistem dan angkutan umum seperti kartu tarif

Kartu aktif

Kartu aktif,kadang-kadang disebut kartu sekitar (vinicty card), yang didukung oleh baterai lithium internal

Secara fisik kartu ini hampir sama dengan kartu biasa tetapi jika kita teliti pada perbadaan yang terdapat pada kartu proximity yaitu ada chip atau program di dalam kartunya. Kartu jenis ini biasa digunakan untuk menghindari kecurangan pada pemalsuan.

Contoh Kartu Proximity

ID Card Proximity Murah